7 Pelajaran Hidup dari Pokemon Go

Pokemon sukses mengguncang dunia. Anak-anak muda sekarang lebih sering bertanya “Sudah punya Pikachu belum?” daripada pertanyaan basa-basi menyindir hati macam “sudah punya pacar atau belum?”.

Disaat Amerika sedang mengirimkan satelit untuk memfoto permukaan Pluto, kita masih ketakutan jika gara-gara game ini kantor pemerintahan kita dimata-matai mbah Google, atau tembok belakang kampus tempat nongkrong mahasiswa sambil ngupil bisa ketahuan.

Saya sudah 2 minggu bermain Pokemon Go. Dan menurut saya ada banyak aspek positif yang kita ambil hikmahnya. Karena seorang gamer sejati pasti tahu, games bukan sekedar permainan, tapi juga pembelajaran kehidupan.

#1 Jika peluang dalam hidup diibaratkan Pokemon, maka melarikan diri bukan solusi.

1

Kita harus menghadapi seseram apapun “pokemon” (peluang dan masalah kehidupan) yang ada di depan kita. Karena winner never quit, quitter never win.

#2 Semakin banyak ‘pokemon’ yang Anda tangkap, level kehidupan Anda naik

2Bersyukurlah jika sedang banyak masalah. Itu adalah ‘pokemon’ yang dikirimkan Tuhan untuk menguji kita. Semakin banyak permasalahan hidup yang kita selesaikan, Tuhan akan menaikkan kualitas diri kita

#3 Anda ingin maju? Bergeraklah

bergerak

Pokemon memaksa pemainnya untuk keluar rumah karena kemajuan tidak didapat dengan duduk manis didalam rumah. Kita harus bergerak mencari peluang.

#4 Setelah menangkap urusan belum selesai, kita harus berlatih

battle

Sudah berhasil pokemon naga seperti Dratini? Tugas Anda belum selesai. Ia harus dilatih. Demikian juga hidup. Setiap bakat adalah ‘pokemon’ yang kita miliki. Kita harus mengasahnya untuk menjadikannya ahli.

#5 Jika ingin kuat, kita harus bekerja sama

kerjasama

Pokemon Go memaksa pemainnya untuk memilih team ketika memasuki level 5. Tidak ada lone wolf atau single fighter. Karena tidak ada Superman atau rambo di dunia nyata. Semua manusia harus bekerja sama.

#6 Pokemon Go mengajarkan saya jika manusia adalah binatang buas yang tak pernah puas

3

Untuk apa kita menangkap pokemon? Memenuhi hasrat menguasai? Mengeksploitasi makhluk lain? Sudah berapa pokemon yang kita punya? 10, 20, 30? Kenapa kita tak pernah puas dan terus mencari pokemon lagi?

#7 Pada akhirnya kebahagiaan ada pada proses

catch them all

Saya tak bisa membayangkan jika bisa cheat dan langsung mendapat Pokemon dengan CP 1 juta point. Tak ada petualangan. Tak ada pertarungan. Tak ada pembelajaran. Keseruan bermain Pokemon Go ada pada proses menjadi trainer kuat. Kenikmatan kehidupan ada pada proses menjadi manusia hebat. Keindahan kehidupan, ada pada perjalanan yang penuh perjuangan.

Disclaimer on image:  Beberapa sumber sudah tercantum, mostly from 9Gag, 1Cak, Kaskus

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *