#79 Denomination Effect : Kenapa kita harus berhati-hati dengan janji cicilan ringan

Misalnya anak Anda meminta uang jajan 100rb. Kira-kira mana yang akan Anda berikan:

  1. Satu lembar uang merah 100rb
  2. 10 lembar uang ungu pecahan 10rb

Percaya atau tidak, jika Anda ingin anak Anda lebih hemat, sebaiknya berikan satu lembar 100rb-an. Setidaknya itu hasl penelitian dari Priya Raghubir dan Joydeep Srivastava (2009).

Mereka melakukan tiga eksperimen di tiga tempat yang berbeda. Mekanismenya sama: responden akan diberikan 1 pecahan besar (misal $5) atau beberapa pecahan uang kecil (5 lembar $1). Mereka lalu diberi pilihan untuk menyimpan atau membelanjakan uang itu.

Hasilnya ternyata sama: responden yang memegang uang dengan nilai lebih kecil, cenderung lebih boros dalam membelanjakan uang. Itulah kekuatan “denomination effect”, dimana uang dengan nominal yang kecil membuat kita lebih konsumtif untuk membelanjakannya.

Sama seperti saat Anda hanya memiliki uang 100rb didalam dompet. Kita merasa agak berat untuk “memecahkannya” untuk jajan di warung. Berbeda misalnya jika Anda punya 50 lembar Rp.2000. Secara bawah sadar kita merasa lebih ikhlas membelanjakan uang receh yang kita miliki, selain untuk mengurangi ketebalan dompet yang merepotkan.

Jika Anda mampir ke bandara-bandara besar seperti Changi Singapura, akan ada vending machine yang menjual barang-barang seharga $ 1. Mereka memanfaatkan denomination effect. Daripada membawa uang receh, mending dibelanjakan saja. Toh nilainya tidak besar.

Tukang kredit menggunakan denomination effect dengan mengklaim jika kita cukup membayar cicilan ringan. Mereka mengelabui konsumen yang tak pernah menghitung harga total perolehan karena sudah bernafsu membawa pulang barang dengan angsuran yang kelihatannya tidak seberapa.

Pelajarannya: saat ada dua pilihan ATM, pilihlah mesin dengan pecahan 100 ribu. Secara tidak langsung, kita akan mengurangi denomination effect. Dan berhati-hatilah dengan fasilitas cicilan yang rendah. Kesan “ringan”, “murah”, “tidak terasa” adalah hasil dari denomination effect.

http://33hsrj1iv2m43o25k925e51f.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2015/07/business-cash-advance-728×410.jpg
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *